Mewakili Bupati Mimika, Sekretaris Kesbangpol Buka Diklat Pemadam Kebakaran SENKOM dan BPBD



TIMIKA - SENTRA Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Mimika menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemadam Kebakaran bekerjasama BPBD.

Diklat untuk peningkatan kapasitas anggota Senkom mitra polri Mimika di bidang penanggulangan bencana kebakaran.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung serbaguna Masjid Miftahul Huda Inauga Sempan, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (29/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala BPBD Mimika, Kakansar, TNI/Polri, 

Sekretaris Kesbangpol, Orari, Banser, pallawa ,Rapi, lurah inauga, pasiter brigif, kepala puskesmas dan Perwakilan dari PTFI, Abdul Talle.

Ketua Panitia Kegiatan Diklat, Afdol Rozak mengucapkan terimakasih kepada semua pihak termasuk pihak Masjid Miftahul Huda.

“Terimakasih kepada pemerintah Kabupaten dan seluruh tamu undangan sudah bisa hadir juga panitia bekerja keras sehingga terlaksana acara ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan agar lingkungan di sekitar tempat tinggal warga bisa terbebas dari kebakaran.

“Para personil Senkom juga bisa memahami terkait penanganan kebakaran,” ujarnya.

Ketua Senkom, Fadly Goo menjelaskan Senkom adalah kelompok masyarakat untuk membantu informasi dan pengamanan di lingkungan sekitar.

“Perannya memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengamanan swakarsa yang dibentuk pada 1 Januari 2004 di Jakarta,” jelasnya.

Dijelaskan, Senkom terdiri dari beberapa bidang tugas yakni Kamtibmas, Kebencanaan, dan bela negara.

Dalam bidang Kebencanaan, Senkom perdana menjalankan kegiatan diklat pemadam kebakaran. Dijelaskan didalam kegiatan diklat, peserta sebanyak 200 orang yang merupakan personel Senkom.

“Nanti setelah pelatihan ini, 15 personel (Senkom) akan dikirim ke SAR Timika untuk belajar mengenai pertolongan pertama, selain itu tiga personel kami tempatkan secara sukarela di Damkar. Sehingga acara ini tidak hanya ceremonial saja. Ini untuk pengetahuan kami yang komitmen untuk membantu kebencanaan dan bela negara. Mudah-mudahan bisa berjalan aman lancar. Jangan lihat acara ini, tapi ilmunya nanti,” katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Moses Yarangga memberikan apresiasi kepada Senkom yang mau membantu pihak BPBD dalam mensosialisasikan penanganan bencana.

“Kami BPBD di bidang Damkar membantu ketika nanti ada bencana, dan Senkom adalah bagian dari kami untuk membantu dalam penanganan kebakaran dan bencana lainnya,” ucapnya.

Sekertaris Kesbangpol Mimika, Alfasiah mengatakan selalu pemerintah daerah pihaknya mengapresiasi dan berterimakasih kepada organisasi Senkom yang kiprahnya sudah sangat di rasakan manfaatnya di masyarakat.

“Masyarakat yang mandiri adalah banyaknya komunitas yang bergerak membantu pemerintah untuk membantu membangun, salah satunya adalah Senkom Mitra

Polri organisasi sekala nasional yang kiprahnya sudah di akui masyarakat luas ada disetiap lokasi bencana,” katanyam

Diklat hari ini, kata Alfasiah mempunyai nilai tersendiri karena sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi anggota senkom mitra polri sekaligus upaya menguatkan pelaksanaan 3 cluster yaitu melaksanakan tugas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat kemudian harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) mewujudkan keamanan yang selalu menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Diklat pembekalan ini merupakan bagian dari upaya kontinu dalam memperkuat kapasitas

anggota senkom mitra polri dalam penanggulangan bencana, sekaligus memastikan bahwa mereka dapat berkontribusi secara efektif dalam upaya-upaya sar di wilayah Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, setiap anggota Senkom dapat meningkatkan kesiagaannya dan berperan aktif dalam mengurangi risiko bencana di wilayah kerjanya.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan, untuk selanjutnya dapat diterapkan dilapangan dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap satuan pelaksana penanggulangan bencana di daerah Kabupaten Mimika,” pungkasnya. 

Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren