Meriahkan HUT RI ke 79, Kementerian PUPR Aksi Sosial Donor Darah Kumpul 94 Kantong


Liputankeren.com | Manokwari, Kamis 15 Agustus 2024 – Lima Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Provinsi Papua Barat berkolaborasi menggelar aksi sosial donor darah, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024.

Aksi sosial donor darah dipusatkan di aula BPJN di Swapen Manokwari, Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Manokwari dan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Manokwari.

Donor darah diikuti oleh para kepala balai, pegawai dari 5 balai yang berada di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya, yakni Balai PPW, BPJN, BWS, BP2JK dan BP2P Papua, ibu-ibu paguyuban balai serta partisipasi masyarakat mitra pekerjaan umum. 

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Papua II (BP2P), Ridwan Dibya Sudartha mengatakan, aksi donor darah ini merupakan salah satu wujud bakti Kementerian PUPR kepada masyarakat serta bertujuan untuk memupuk rasa kemanusiaan, sehingga diharapkan akan selalu terjalin kebersamaan dan kepedulian diantara sesama untuk Indonesia maju.

Ridwan mengatakan, selain sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dan kemanusiaan, donor darah juga memberikan banyak manfaat kepada kesehatan tubuh oleh karenanya, kepada para insan PUPR yang memenuhi syarat kesehatan untuk ikut donor menyumbangkan darahnya ke masyarakat yang membutuhkan. 

“Donor darah adalah kegiatan yang memberikan sederet manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan produksi sel darah hingga menjaga kesehatan jantung,” ucapnya.

H. Yusran Mahdani Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari, mengapresiasi aksi Kementerian PUPR, yang telah menjalin kerjasama kali kedua dengan PMI Kabupaten Manokwari. Ia juga mengucapkan terima kasih, karena pegawai Kemantrian PUPR begitu antusias untuk ikut mendonorkan darahnya hingga berhasil terkumpul 94 kantong darah.

“Kerjasama ini sudah tahun kedua dimana tahun lalu terkumpul 77 kantong.

Yusran berharap, masyarakat lain ikut termotivasi dan tidak takut untuk ikut mendonorkan darah, sebab dapat membantu dan menolong sesama.

Samjar Manobi, Sekretaris PMI Kabupaten Manokwari, menambahkan bahwa 94 kantung darah yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 15 Kantong, golongan darah B sebanyak 27 Kantong, golongan darah AB sebanyak 5 kantong dan golongan darah O sebanyak 46 kantong yang telah terkumpul akan ditampung di UTD RSUD Manokwari yang selanjutnya akan disekrining terlebih dahulu untuk pemeriksaan penyakit menular. 

“Apabila semua sehat dan memenuhi syarat, maka bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Manobi.

Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren