Kapolres Bangli diwakili Kapolsek Kintamani melaksanakan Penyebaran Benih Ikan di Danau Batur

 


Polsek Kintamani- Pada hari Jumat, 6 September 2024 pukul 08.35 s.d 09.10 WITA, di Perairan Pura Segara, Danau Batur Desa Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli telah berlangsung kegiatan penebaran benih Ikan di Perairan Umum  (Restocking) Danau Batur yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangli dalam rangka pelestarian sumber daya perairan di Kabupaten Bangli serta upaya menjaga ekosistem hayati di perairan Danau Batur agar tetap seimbang dan lestari.

Hadir dalam kegiatan Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Bangli (Ir. I Wayan Sarma), Pimpinan OPD Pemkab Bangli, Kapolres Bangli diwakili Kapolsek Kintamani  Kompol I Nengah Sukerna, SH., MAP., Danramil 1626-04/Kintamani (Kapten Inf I Made Yudha Kencana),  Kasi Pelayanan Kantor Camat Kintamani, Perbekel di seputaran Danau Batur, Babinsa Batur Tengah,  Bhabinkamtibmas Desa Batur Tengah, Nelayan dan Asosiasi Budidaya ikan di Danau Batur serta tamu undangan lainnya yang berjumlah sekitar 30 orang.

 Kegiatan penebaran benih Ikan di Perairan Umum Darat (Restocking) Danau Batur yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangli dalam rangka pelestarian sumber daya perairan di Kabupaten Bangli serta upaya menjaga ekosistem perairan Danau Batur agar tetap seimbang dan lestari. 

Adapun benih Ikan Nila yang ditebar di Danau Batur total berjumlah 75.000 ekor. 

Kapolsek Kintamani Kompol I Nengah Sukerna,SH M.A.P  mewakili Kapolres Bangli AKBP I Gede Putra SH, S. I. K.,  MH , mengatakan, program penebaran benih ikan jenis NIla ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam agar habitat ikan Nila di Danau Batur dapat terjaga, "Ucapnya

Dimana, ikan Nila merupakan salah satu habitat unggulan para nelayan tradisional sehingga perlu dijaga kelestariannya.

“Ikan Nila ini sebagai penghasilan utama Nelayan di jual ke pasar mupun restoran yang merupakan ciri khas kuliner Kintamani dimana rasanya lain dari ikan yang di tangkar di kolam” kata Kapolsek 

Dengan begitu, habitat ikan Nila kedepannya bisa didapat oleh para nelayan untuk dijual kembali sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sepakat dengan itu, melalui media ini, Kapolsek menghimbau dan mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian alam. 

“Sejauh ini memang masyarakat dan nelayan dalam mencari ikan dengan menggunakan alat tradisional, baik pengilar, jaring atau pancing,” ujarnya. (***)


Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren