MoU Senkom Mitra Polri Cilegon dengan Pondok Pesantren Baitul Ulum El-Musawa

 


Senkom Mitra Polri Kota Cilegon menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pondok pesantren Baitul Ulum El Musawa di Kramat Watu Kabupaten Serang, pada Sabtu (19/10/24).

Penandatangan ini dihadiri oleh Ketua Senkom Mitra Polri Cilegon H. Nurhasan dan Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Ulum H. Choirul Hadi.

MoU ini bertujuan untuk mempererat kerja sama antara Senkom Mitra Polri dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan pondok pesantren. Sebagai organisasi yang berfungsi membantu keamanan dan ketertiban masyarakat, Senkom Mitra Polri memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman di pondok pesantren.

Dalam MoU tersebut, beberapa poin kesepakatan penting diuraikan, di antaranya:

1. Fasilitasi Sarana dan Prasarana Pelatihan: Pondok pesantren dan yayasan berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh Senkom Mitra Polri Cilegon dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Fasilitas ini meliputi ruangan dan perlengkapan audiovisual yang mendukung kelancaran kegiatan tersebut.

2. Pembinaan Mental dan Karakter:

Yayasan dan pondok pesantren bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan mental (Bintal) kepada personel Senkom Mitra Polri Cilegon. Pembinaan ini mencakup bidang keagamaan dan pendidikan karakter bangsa yang dilakukan secara intensif sesuai dengan kebutuhan dan permintaan Senkom.

3. Keamanan Lingkungan Pondok Pesantren:

Senkom Mitra Polri Cilegon berkewajiban membantu menjaga keamanan di lingkungan pondok pesantren, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mereka juga berupaya menciptakan iklim yang kondusif untuk semua kegiatan di lingkungan pondok pesantren dalam rangka penguatan moral dan karakter bangsa.

Ketua Senkom Mitra Polri Cilegon Nurhasan, menyatakan pentingnya MoU ini untuk memperkuat sinergi antara pihak keamanan dan lembaga pendidikan keagamaan. "MoU ini sangat penting untuk memastikan bahwa lingkungan belajar di pondok pesantren aman dan kondusif. Kerja sama ini tidak hanya memperkuat keamanan, tetapi juga membantu dalam pembinaan karakter dan moral bangsa," ujar Nurhasan

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di pondok pesantren. Senkom Mitra Polri Cilegon dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan berkomitmen untuk terus berkolaborasi demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan belajar yang optimal 


(AP/ARJU)

Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren